Apakah Perdagangan Valas Itu?

Tatkala bepergian dari satu negara ke negara yang lain, seseorang biasanya harus menukarkan uangnya dengan mata uang yang digunakan di negara tujuan. Misalnya, ketika penduduk Amerika Serikat pergi ke Italia, dia harus menukarkan dolar AS miliknya dengan mata uang Eropa.

Dengan cara yang sama, perusahaan internasional kadang-kadang harus menukarkan mata uang agar dapat membayar karyawan yang berada di mancanegara. Nilai tukar terus-menerus mengalami fluktuasi karena didasarkan pada permintaan dan penawaran. Karena itu, nilai tukar menentukan berapa besar permintaan mata uang A agar dapat memperoleh mata uang B. Tergantung harganya, kadang-kadang kita lebih baik menunggu nilai tukar yang lebih menguntungkan karena tindakan tersebut dapat memberikan selisih yang besar ketika volume pertukarannya besar.

Dalam Valas, pasangan mata uang dapat diperdagangkan tanpa memiliki mata uangnya secara fisik, dan keuntungan atau kerugian dapat terjadi akibat tren pasar yang naik ataupun turun.

Pasangan mata uang utama berisi Dolar AS, umumnya memiliki spread terendah dan merupakan instrumen yang paling likuid. Pasangan mata uang silang diperjualbelikan satu sama lain dengan mengecualikan dolar AS (misalnya: CADJPY, EURAUD…).

Berikut ini beberapa contoh mata uang utama:

EUR/USD     Zona Eropa/Amerika Serikat

USD/JPY      Amerika Serikat/Jepang

GBP/USD      Inggris/Amerika Serikat

USD/CAD      Amerika Serikat/Kanada

USD/CHF      Amerika Serikat/Swiss

AUD/USD      Australia/Amerika Serikat

NZD/USD      Selandia Baru/Amerika Serikat

Dalam Valas, pasangan mata uang tertentu memiliki terminologi sendiri:
Simbol Pasangan mata uang Terminologi
GBPUSD British Pound & US Dollar Cable
EURUSD Euro & US Dollar Euro
USDJPY US Dollar & Japanese Yen Dollar Yen
USDCHF US Dollar & Swiss Franc Dollar Swiss or Swissy
USDCAD US Dollar & Canadian Dollar Dollar CAD or Loonie
NZDUSD New Zealand Dollar & US Dollar Kiwi
AUDUSD Australian Dollar & US Dollar Aussie Dollar
EURGBP Euro & British Pound Euro Sterling
EURJPY Euro & Japanese Yen Euro Yen

Ketika memperdagangkan Valas (misalnya EURUSD), mata uang pertama EUR disebut ‘mata uang dasar’, yang mewakili arah dan mata uang kedua disebut ‘mata uang tandingan atau yang dikutip’ yang menunjukkan keuntungan atau kerugian.

Menu