Trading pemilihan presiden AS 2020

Sifat tidak terduga dari pemilu AS yang akan datang kemungkinan besar akan menghasilkan volatilitas pasar yang signifikan. Bersiaplah dengan wawasan dan analisis ahli kami, dan tetap terinformasi tentang semua berita terbaru.

Trading berisiko dan dapat menyebabkan hilangnya modal.

Apa yang perlu Anda ketahui

Pemilihan presiden AS akan berlangsung pada 3 November 2020 dengan Donald Trump dari Republik bersaing dengan saingan Demokrat Joe Biden.

Pemilu, yang sudah diprediksi akan menjadi salah satu pemilu yang paling ketat dalam sejarah, semakin dibayangi oleh pandemi COVID-19. Biden tetap menjadi favorit, meskipun hasilnya kemungkinan besar bergantung pada siapa yang bisa meraih kemenangan dalam apa yang disebut ‘swing’ states.

Apa efek yang diharapkan setiap kandidat di pasar?

Saham

Pasar saham kemungkinan akan merespons secara negatif, terutama jika Demokrat juga mengendalikan DPR dan Senat. Kekhawatiran utama adalah tentang terlalu banyak kekuatan legislatif yang terkonsentrasi di tangan Demokrat, dengan saham berpotensi jatuh sebanyak 10% secara langsung.

Indeks USD

Dolar kemungkinan akan jatuh, terutama jika Demokrat mendapatkan kendali di Kongres, karena peralihan kekuasaan dari Trump yang ramah bisnis – yang kebijakannya didukung oleh bank sentral yang akomodatif – akan menjadi negatif dolar.

Gold

Logam kuning juga akan bereaksi negatif karena, di Kongres Demokrat yang mayoritas, Biden akan mendapat dukungan untuk membalikkan banyak kebijakan Trump saat ini, menghilangkan ketidakpastian di seluruh pasar.

Saham

Kemungkinan pasar saham akan menguat dalam waktu dekat karena sikap ramah bisnis Trump, sementara Senat Republik dan Dewan Demokratik akan menciptakan lebih sedikit ketidakpastian.

Indeks USD

USD akan tertekan pada mode risiko baru dengan ekspektasi pasar saham naik 4-6%, dengan Kongres yang terpecah kemungkinan akan menghambat implementasi kebijakan pengurangan utang baru.

Gold

Kemenangan Trump berarti berlanjutnya ketidakpastian dalam hubungan dengan China (serta sanksi yang diperpanjang terhadap Iran), yang meningkatkan permintaan safe-haven.

Analisis pasar disediakan untuk tujuan informasi saja dan bukan merupakan nasihat investasi atau menunjukkan kinerja pasar di masa depan.

Apa yang ditampilkan oleh jajak pendapat terbaru?

Source: ‘Biden vs Trump: who is leading the 2020 US election polls?’ Financial Times

Live Webinar

Bergabunglah dengan Kepala Riset Investasi kami, Slobodan Drvenica, pada tanggal 30 Oktober pukul 17.00 (EET) saat beliau membahas bagaimana masalah utama pemilu kemungkinan besar akan memengaruhi pasar.

Menu